Cara membuat Subdomain di Cpanel

Subdomain adalah bagian dari domain utama, misalnya domain utama sman3kotasukabumi.sch.id dan dari domain utama ini kita akan membagi menjadi beberapa subdomain, yaitu e-library.sman3kotasukabumi.sch.id ini merupakan subdomain untuk digital library, e-learning.sman3kotasukabumi.sch.id, m.sman3kotasukbumi.sch.id ini untuk menempatkan atau menginstal website cms balitbang versi mobile.

Kita bisa membuat subdomain lebih dari satu bahkan kebanyakan penyedia hosting tidak membatasi untuk pembuatan subdomain.

langkah-langkah membuat subdomain

kali ini kita akan membuat subdomain untuk cms balitbang versi mobile misalnya m.sman3kotasukabumi. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Login ke Cpanel

  • Pada menu DOMAINS klik menu subdomains

  • Pada kolom Subdomain ketikan nama subdomain yang akan kita buat misalnya m. Pada kolom Domain ini akan terisi domain utama. dan pada kolom Document Root ini akan terisi secara otomatis dimana letak dokumen kita akan disimpan. Dan kita juga bisa mengarahkan directory mana yang nantinya akan kita jadikan tempat penyimpanan file-file subdomain yang kita buat.
  • kemudian tekan tombol create.

  • Setelah kita tekan tombol create secara otomatis subdomain kita sudah berhasil dibuat dan sekaligus akan dibuatkan folder baru yang namanya sama dengan nama subdomain yang kita buat. Misal contoh di atas kita membuat subdomain dengan nama m.sman3kotasukabumi.sch.id, maka secara otomatis akan dibuatkan nama folder baru dengan nama m.sman3kotasukabumi.sch.id.

  • nah di folder ini kita bisa menguploadkan / menginstall dokumen website misalnya cms balitbang versi mobile.

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bisa dipahami dan bermanfaat.
Gurukomline
Gurukomline Guru Komputer Online, sharing seputar Ilmu Komputer gurukomline.my.id

Posting Komentar untuk "Cara membuat Subdomain di Cpanel"