Cara Memasang Widget live Chat WhatsApp di CMS Balitbang


demo disini


Pada tutorial kali ini, gurukomline.com akan berbagi tutorial mengenai cara memasang widget live chat WhatsApp di CMS Balitbang. Widget Live Chat WhatsApp ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan interaksi antara user dan admin website CMS Balitbang dalam berkomunikasi secara langsung atau live dengan cepat, efektif dan pastinya tidak ribet.

Walaupun di CMS Balitbang sudah di fasilitas halaman kontak yang diberi nama buku tamu, tapi kurang efektif karena banyak pengunjung yang enggan untuk membuka buku tamu. mungkin karena tata letaknya yang tidak kelihatan dan dewasa ini hampir semua user lebih suka menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Yang jadi pertanyaan, Apakah bisa Widget Live Chat WhatsApp ini di pasang di CMS Balitbang? dan jawabannya tentu saja bisa. Bagaimana caranya? caranya dengan bantuan situs WhatsHelp. Widget ini bisa di pasang di semua versi CMS Balitbang. Untuk saat ini fitur Widget Live Chat WhatsApp ini gratis, tapi ada beberapa fitur yang sudah berbayar.

Memasang Widget Live Chat Gratis dari WhatsHelp

Mungkin ada yang belum tahu apa itu WhatsHelp. WhatsHelp adalah sebuah situs yang menyediakan layanan messenger secara pintar, dimana user dapat membuat bot chat untuk membantu pelanggan berinteraksi dengan cara yang sangat mudah. WhatsHep ini juga  menyediakan fitur widget gratis yang dapat dipakai untuk segala jenis website dan tentunya website sekolah seperti CMS Balitbang.

Fitur widget yang di tawarkan tidak hanya WhatsApp saja, tapi layanan chat lainnya seperti LINE, Telegeram, Facebook Messenger, dan bahkan kita bisa memasang semua fitur tersebut sekaligus. Di tutorial kali ini saya hanya mencontohkan untuk WhatsApp dan Facebook Messenger

Dapatkan Kode Widget

  • Buka situs WhatsHelp
  • Dibagian Choose Messaging apps 
        silahkan pilih salah satu messenger yang diinginkan contoh kita akan pilih facebook messenger dan WhatsApp.
  • Untuk bagian Facebook messenger silahkan link alamat facebook yang aktif contoh disini saya menggunakan alamat halaman facebook saya https://www.facebook.com/gurukomline/
  • dan untuk WhatsApp isikan nomer hp yang terhubung dengan WhatsApp. lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
  • pada bagian Customize your button , digunakan untuk mengatur gambar icon website kita, membuat salam kita sendiri, warna button, posisi widget untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini. dan untuk hal tersebut silahkan atur sesuai keinginan.

  • Pada add the code to your website masukkan alamat email kamu. Kemudian, klik get button code. Untuk mendapatkan kode Widgetnya dan salin kode paste ke CMS Balitbang. seperti gambar dibawah ini.

Pasang Kode Widget ke CMS Balitbang

  • Copy kode Widget Di atas
  • Masuk Ke Cpanel Website CMS Balitbang
  • buka file index.tpl.htm di folder temp/templateaktif kalo secara default template seperti art_sma_bawah
  • Pastekan kode widget yang sudah di salin di atas kode </body> seperti gambar di bawah ini
  • Silahkan buka websitenya dan kalo benar akan muncul floating button widgetnya. dan silahkan tes apakah berjalan dengan baik.
Sekilan dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat, dan jika rekan-rekan kurang paham atau belum berhasil bisa hubungi saya dengan cara tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.
Gurukomline
Gurukomline Guru Komputer Online, sharing seputar Ilmu Komputer gurukomline.my.id

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Widget live Chat WhatsApp di CMS Balitbang"